Jumat, 04 Mei 2012

Komunikasi Serial Antara Komputer dengan Komputer


Selain digunakan untuk satu buah PC, komunikasi serial juga dapat digunakan untuk komunikasi direct PC to PC, yang disebut dengan “Null Modems”, komunikasi Null Modem ini digunakan untuk menkoneksikan antara 2 buah DTE. Koneksi ini biasanya dipakai karena mudah dalam pembuatannya dan banyak kegunaannya misalnya untuk game multiplayer, transfer data dll dengan menggunakan protokol-protokol diantaranya Xmodem, 1K X modem, Ymodem dll. Berikut adalah gambar koneksi Null Modem.

 

Rangkaian diatas rangkaian yang paling banyak dipakai dari metode penyambungan Null Modem. Hanya dibutuhkan 3 buah pin untuk memperoleh metode penyambungan Null Modem yaitu (TD, RD, dan SG).Cara penyambungannya yaitu pin TD pada PC1 disambung dengan pin RD pada PC2, begitu juga dengan pin RD pada PC1 disambung dengan pin TD pada PC2 dan untuk pin SG (ground) keduanya saling dihubungkan sebagai common untuk setiap komputer. Prinsip kerjanya adalah Data Terminal Ready (DTR) melakukan loopback pada Data Set Ready (DSR) dan Carrier terdetek pada kedua komputer,  ketika DTR menyatakan aktif maka DSR dan Carrier Detect (CD) akan ikut aktif juga, pada poin ini komputer berpikir kalau virtual modem yang telah terkoneksi sudah siap dan mendeteksi sebuah carrier pada modem yang lain. Untuk RTS dan CTS tidak begitu diperlukan karena kedua komputer telah tersambung dengan speed yang sama, flow control tidak diperlukan pada kedua jalur yang telah dihubungkan pada setiap komputer. Ketika komputer ingin mengirim data komputer menyatakan RTS high dan dibelokkan bersama dengan CTS, sehingga segera mendapat balasan yang sudah siap untuk dikirim.
 
Dalam membuat komunikasi antara 2 komputer dibutuhkan software Hyperterminal. Cara pengoperasian software Hyprterminal adalah sebagai berikut:

1.      1. Klik Start - Program - Accessories - Communication - Hyper Terminal

2. Buka folder hyperterminal.exe(Windows 98)

3.
Menjalankan program Hyper Terminal pada windows


4.
Masukkan nama koneksi, nama koneksi dapat diisi dengan nama apa saja

5.
Klik OK

6.
Setelah muncul tampilan klik file dan pilih New Connection7. Lalu akan muncul tampilan sbb:


8. Pilih port mana yang akan digunakan sebagai penghubung
Pilih port mana yang akan digunakan sebagai penghubung



0 komentar:

Posting Komentar